Tips Memilih Aki Motor Yang Baik

Kendaraan beroda dua atau sepeda motor sekarang ini sangat banyak jumlahnya. Bahkan konon penambahannya tiap tahun sampai jutaan. Itu untuk jumlah motor yang baru. Maka segala hal yang berkaitan dengan sepeda motor pun akan terpengaruh. Dalam arti banyak hal yang akan terpengaruh oleh semakin banyaknya jumlah sepeda motor yang ada di jalan raya. Dari bengkel sepeda motor, suku cadang, pernak-pernik sepeda motor, dan hal lainnya ikut juga bertumbuh mengiringi naiknya jumlah sepeda motor tersebut.

Satu jenis suku cadang yang mesti akan dibeli oleh para pemiliki sepeda motor yakni aki. Setiap sepeda motor pasti dilengkapi denan aki. Terkecuali kepada pemilik sepeda motor yang memang sudah tidak merawat motornya dengan baik. Aki pada sepeda motor fungsinya sangatlah penting. Orang pada umumnya mungkin hanya mengetahui bahwa aki sepeda motor ini hanya berfungsi untuk menyalakan mesin saja. Padahal tidak hanya itu saja. Fungsi aki sepeda motor ini sangat luas. Aneka komponen di sepeda motor banyak yang membutuhkan energi listrik. Sedangkan untuk sumber energi listrik tersebut adanya dari aki motor ini. Apalagi untuk berbagai merk sepeda motor di era sekarang ini. Merk sekarang lebih banyak atau tergantung dengan sistem kelistrikan yang mana aki motor memiliki peranan yang amat penting. Sepeda motor matic apa lagi. Sekedar menghidupkan sepeda motor saja maka sudah menyala lampunya. Ini artinya aki motor harus bagus dan berkualitas.

Kita sebagai pemiliki sepeda motor sangat berkepentingan mengenal aki motor. Meskipun sekarang kita punya sepeda motor yang baru dan akinya pun tentu juga masih baru. Akan tetapi, suatu ketika ada masanya aki motor tersebut rusak atau bahkan malah mati. Mau tidak mau kita mesti membelinya yang baru. Nah, untuk itu kita perlu tahu tips memilih aki motor yang baik. Berikut ini dituliskan beberapa tipsnya.

  1. Memilih aki motor yang cocok.
    Kita perlu terlebih dahulu mengecek aki motor yang ada di sepeda motor kita. Ketika kita mau membeli yang baru maka pastikan aki motor tersebut cocok untuk dipasang. Ada dua jenis aki motor yang biasa dikenal masyarakat. Pertama aki basah dan yang kedua aki kering.Keduanya sudah sangat familier di masyarakat. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari aki kering yakni kita tidak perlu memikirkan pengisian ulang cairan. Hal ini akan lebih praktis. Kemudian untuk kelebihan dari aki basah yakni memiliki daya tahan relatif lebih lama. Meskipun ini sebetulnya tergantung kepa perawatannya juga.
  2. Memeriksa ukuran tegangan yang dimiliki.
    Perlu secara teliti untuk memeriksa ukuran tegangan yang dimiliki aki motor tersebut. Sebelum kita membeli aki motor yang baru maka perlu sekali memeriksa hal ini. Pastikan aki motor yang kita beli itu tegangannya sesuai. Jika ukuran tegangan tidak sesuai maka bisa membuat atau menimbulkan kerusakan pada komponen listrik sepeda motor kita.
  3. Mengecek waktu produksi dari aki motor.
    Ini pun juga merupakan langkah yang tidak boleh ditinggalkan. Dalam hal ini kita cek tanggal produksi dari aki motor tersebut. Mudah melakukannya. Hanya saja tidak semua orang tahu akan pentingnya melakukan hal ini. Boleh jadi tahu tapi lupa. Sebaiknya kita membeli aki motor yang rentang antara tanggal produksi dengan waktu kita membeli adalah sekitar kurang dari enam bulan. Jika kita membeli aki motor yang lebih dari enam bulan dengan perhitungan tadi maka dikhawatirkan komponennya akan kurang berkualitas. Tentu saja seorang pembeli ingin mendapatkan barang yang berkualitas bukan?
  4. Memilih harga aki motor yang terjangkau.
    Masalah harga juga perlu diperhitungkan. Memang harga aki motor itu sudah ada standarnya. Akan tetapi, bisa terjadi beberapa penjual yang menjual dengan harga yang tak wajar. Maka kita perlu mengetahui harga yang standar itu dengan cara membandingkan harga dari beberapa toko. Harga aki motor sebetulnya terjangkau oleh masyarakat umum. Produsen tentunya sudah memperhitungkan secara matang mengenai harga itu. Jika ada aki motor yang dijual secara mahal sekali maka kita tidak perlu untuk membelinya.

Demikian tips memilih aki motor yang baik. Kita pastikan membeli aki motor yang berkualitas. Semoga tips ini menambah referensi berharga untuk para pembaca sekalian.