Tips Memilih Genset Untuk Rumah

Kehidupan sekarang ini mendorong manusia semakin dimanjakan. Berbagai fasilitas yang ada menjadikan berbagai kemudahan di dalam hidup ini. Kebutuhan pun semakin berkembang. Berbeda dengan puluhan tahun yang lalu. Tiap rumah tangga selalu memiliki kebutuhan masing-masing. Satu hal yang menjadi sorotan adalah kebutuhan akan energi listrik. Kehidupan masyarakat di zaman sekarang tidak bisa terlepas dari energi listrik. Setiap rumah pun kini sudah terpasang instalasi listrik.

Di setiap rumah terdapat aneka peralatan yang memerlukan listrik untuk menjalankannya. Sebut saja lampu rumah. Tanpa listrik tentu tidak akan menyala lampu tersebut. Jika di siang hari mungkin tidak masalah. Akan tetapi jika sudah masuk malam hari maka rumah bisa gelap gulita keadaannya. Sesuatu yang tidak nyaman keadaan tersebut. Selain lampu, banyak sekali peralatan rumah tangga yang memerlukan energi listrik. Kita sebut saja satu persatu di sini. Peralatan rumah tangga tersebut antara lain: kulkas, mesin cuci, kipas angin, Air Conditioning, setrika, magic com, televisi, laptop, smartphone, dan lain-lain.

Kita selalu menginginkan kondisi hidup terus aliran listrik yang ada di rumah. Sehingga berbagai peralatan yang menggunakan listrik tersebut dapat beroperasi dengan baik. Namun, ada situasi dan kondisi tertentu yang terkadang listrik menjadi padam. Kondisi seperti ini tentu tidak nyaman bagi kita. Apalagi pemadaman listrik itu terjadi tanpa terduga sama sekali. Namun, apa boleh buat. Kita tidak bisa berbuat apa-apa mengenai pemadaman listrik. Terkadang pemadaman listrik tersebut memang karena faktor bencana alam semisal adanya angin kencang dan lainnya. Tetapi ada sebuah cara untuk mengatasi hal ini. Kita bisa menyediakan genset untuk dipasang di rumah. Ketika listrik padam maka genset ini akan hidup untuk memberi pasokan listrik di rumah. Sebuah cara yang sangat cerdas menurut kami. Setelah kita memutuskan untuk membeli genset untuk dipasang di rumah maka kita perlu mengetahui bagaimana tips memilih genset untuk rumah tangga. Nah, berikut ini kami akan sampaikan beberapa caranya.

  1. Mengecek kebutuhan listrik rumah tangga
    Kita perlu mengetahui sebesar apa kebutuhan listrik di rumah kita. Kapasitas daya listrik di rumah kita itu berapa. Kita bisa hitung seluruh peralatan di rumah itu. Setelah kita mengetahui jumlah kapasitas daya listrik yang ada di rumah maka kita tinggal memilih genset. Pastikan genset yang kita beli kapasitasnya sama atau malah lebih besar dari kapasitas daya listrik di rumah. Mengapa mesti demikian? Sebab jika daya listrik genset yang kita beli lebih rendah maka ketika listrik padam. Lalu genset dihidupkan maka tidak akan mampu menghidupkan seluruh lampu dan peralatan listrik di rumah kita. Maka mengecek kebutuhan listrik menjadi hal yang amat penting dilakukan sebelum kita hendak membeli genset.
  2. Memilih jenis genset yang sesuai
    Ada dua macam genset yang bisa kita pilih. Pertama, standby generator yang mana genset ini dipasang secara permanen di rumah kita. Tatkala listrik dari PLN padam maka genset ini akan menyala secara otomatis. Kita tidak perlu menghidupkannya. Untuk yang kedua, portable genset. Pada jenis yang kedua ini gensetnya bisa dipindah kemana-mana. Namun, untuk genset yang kedua ini cara menghidupkannya dengan di engkol. Suara yang dikeluarkannya pun lebih berisik dibanding genset jenis pertama. Kita bisa mempertimbangkan dua pilihan ini. Mana yang lebih tepat untuk dibeli.
  3. Memilih berdasarkan merk
    Masalah merk pada suatu produk memang sedikit banyak berpengaruh pada kualitasnya. Kita bisa mengetahui bagusnya sebuah merk genset dari hasil pengalaman saja. Ketika banyak orang yang memberi rekomendasi untuk membeli sebuah merk genset tertentu maka sangat mungkin merk yang disebutkan banyak orang itu adalah bagus. Sehingga sangat layak untuk kita beli.
  4. Mengetahui bahan bakarnya
    Mengetahui bahan bakar dari genset sangat penting. Genset ini sebuah mesin. Tanpa adanya bahan bakar maka tak akan hidup mesinnya. Maka kita mesti tahu bahan bakarnya dan selanjutnya kita pun selalu menyiapkan stok bahan bakar genset tersebut di rumah.
  5. Menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki
    Untuk membeli genset tentu kita perlu sejumlah uang. Maka kita harus menyesuaikan antara uang yang dimiliki dengan genset yang hendak dibeli.

Demikian beberapa tips penting ketika kita hendak membeli genset untuk dipasang di rumah. Semoga sedikit tips ini memberi manfaat bagi para pembaca semua.