Tips Memilih Aki Mobil Berkualitas

Aki mobil sangat penting untuk sebuah kendaraan berupa mobil. Aki menjadi komponen penting yang tidak boleh diabaikan keberadaannya. Keberadaan aku sangatlah penting bagi sebuah mobil. Aki sendiri sebetulnya memiliki fungsi untuk menyimpan energi listrik. Sejumlah energi listrik ini nantinya bisa disalurkan untuk menghidupkan berbagai komponen lainnya dalam mobil yang memang perlu asupan energi listrik. Memang seluruh komponen mobil itu tidak semuanya butuh energi listrik. Tetapi sebagiannya sangat memerlukan listrik. Kita ambil contoh adalah lampu agar bisa menyala, starter bisa hidup, AC bisa beroperasi, sound bisa difungsikan, dan lain sebagainya.

Apalagi untuk jenis mobil saat ini. Komponen elektroniknya sangatlah banyak. Seluruh komponen elektronik tersebut tidak bisa bekerja dengan baik bila mana tidak mendapatkan listrik. Sebagaimana komponen yang lainnya, aki mobil juga perlu dilakukan penggantian ketika sudah tidak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan bila aki mobil sudah rusak maka sangat perlu untuk segera diganti. Sebagai seorang yang sering mengendarai mobil maka kita perlu mengenal tentang aki ini. Pun juga bagi kita yang memiliki mobil perlu sekali mengetahui seluk beluk tentang aki. Paling tidak kita perlu mengetahui bagaimana cara atau tips memiliki aki mobil yang berkualitas baik. Mengapa hal ini sangatlah penting? Sebab jika kita asal-asalan dalam memilih aki mobil maka akan berakibat buruk bagi mobil. Misalnya saja ketika kita tidak menggunakan aki mobil yang jumlah energinya tidak disarankan maka akan merusak berbagai komponen di dalam mobil. Khususnya komponen yang menggunakan energi listrik. Demikian juga kepada kondisi aki itu sendiri. Kesalahan dalam memilih aki mobil bisa berakibat aki mobil tersebut akan cepat rusak dan bahkan mati. Maka memilih aki mobil menjadi hal yang perlu kita perhatikan betul. Berikut ini tips ketika kita akan memilih aki mobil yang bagus.

  1. Aki mobil yang dibeli sesuai dengan spesifikasi mobil
    Kita sebagai pemilik mobil hendaknya mengetahui kebutuhan listrik pada mobil. Berapa voltase dan juga ampere dari aki mobil mesti kita ketahui. Setelah kita mengetahui datanya maka kita bisa membeli atau memilih aki mobil yang sesuai dengan kebutuhan listrik mobil kita. Jangan aki mobil yang kita beli berbeda dengan spesifikasi mobil. Karena hal ini akan menimbulkan masalah serius pada mobil kesayangan kita.
  2. Memilih jenis aki kering atau aki basah
    Memang terdapat dua jenis aki. Ada jenis aki kering dan ada pula jenis aki basah. Kita tinggal memilih diantara keduanya. Masing-masing tentu ada keunggulannya. Di samping pula, setiap jenis aki pun ada kelemahannya. Namun, kita bisa bersikap bijak dalam hal ini.
  3. Membeli aki mobil pada tempat yang sudah terpercaya
    Cara seperti ini sangatlah mudah dipraktekkan. Ketika kita membeli aki mobil dari tempat atau toko yang sudah terpercaya maka kita pun lebih tenang. Produk yang dijual di toko tersebut sudah pasti bukan barang yang jelek. Tetapi barang yang bagus dan berkualitas. Bahkan, ketika kita membeli aki mobil dari toko yang terpercaya ini maka biasanya pihak toko mau memberikan garansi terhadap produknya. Harga yang dibandrol pun tidak akan berbeda dengan harga standarnya. Artinya kita tidak sampai membeli aki mobil yang terlalu mahal.
  4. Memperhatikan merk aki mobil yang akan dibeli
    Masalah merk memang sangatlah berpengaruh terhadap kualitas suatu produk. Ketika kita akan membeli aki mobil yang baru pun sebaiknya juga memperhatikan masalah merk ini. Aki mobil dari merk yang terkenal biasanya akan memberikan kualitas yang sangat bagus.
  5. Menyesuaikan dengan anggaran
    Setiap orang tentu punya anggaran masing-masing. Tatkala kita hendak membeli aki mobil yang baru tentu kita perlu melihat kondisi keuangan kita. Pastikan kita mampu membeli aki mobil tersebut tanpa harus kesulitan keuangan nantinya. Misalnya ada yang menawarkan aki mobil dengan kualitas yang paling bagus namun harganya sangat mahal tentu kita tetap kesulitan membelinya jika tak punya uang yang cukup. Pastikan aki mobil yang dibeli harganya sudah sesuai dengan anggaran kita.