Content analysis dalam digital marketing ialah salah satu hal paling fundamental. Content yang bisa memberikan informasi dan arahan agar audiens tertarik melakukan pembelian ialah konten terbaik dan paling ideal. Tentu saja untuk mencapai itu dibutuhkan analisis oleh digital marketer. Sebagai informasi tambahan, berikut kami rangkum ulasan ringkas seputar content analysis.
Definisi content analysis
Content analysis ialah proses mengindentifikasi efektivitas sebuah konten. Dengan analisis ini Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang melihat konten tersebut, bagaimana reaksi masyarakat terhadap produk dan brand Anda, apakah konten tersebut bisa menghasilkan penjualan dan berbagai informasi penting lainnya.
Mulai dari reaksi positif hingga negatif bisa Anda ketahui. Setelah mengetahuinya Anda bisa memilih opsi tindakan antisipatif atau represif untuk menanggapi reaksi pasar.
Indikator penting dalam content analysis
Dalam menganalisis sebuah konten, Anda harus tahu apa tujuan utama dari publikasi konten tersebut apakah untuk memperoleh impresi atau untuk meningkatkan penjualan. Dari tujuan tersebutlah analisis bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa poin berikut:
- Traffic impression merupakan faktor yang menunjukkan kesuksesan sebuah konten. Hanya saja ukuran ini tidak menggambarkan sentimen yang dihasilkan. Bisa saja sebuah konten viral dengan traffic tinggi namun dampaknya malah buruk.
- Engagement metrics, setiap platform sosmed telah memiliki metriks untuk mengukur interaksi audiens dengan konten.
- Sales, dengan konten analisis Anda bisa mendapatkan konten yang tepat yang bisa meningkatkan penjualan. Pasalnya konten untuk meningkatkan awareness dan sales sangat berbeda.
Singkatnya content analysis ialah pekerjaan yang membutuhkan detail ketelitian dan tidak sembarang orang bisa melakukannya. Namun tidak perlu khawatir karena telah hadir Matamaya yang siap membantu Anda memantau sekaligus menganalisis konten di berbagai platform sosial media.