Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Kendaraan berupa sepeda motor termasuk yang paling populer di masyarakat. Jumlah sepeda motor tiap tahun selalu meningkat. Cobalah kita lihat saat berada di jalan raya. Dibanding jumlah mobil maka jumlah sepeda motor lebih banyak. Di setiap rumah tangga kini hampir ada satu sepeda motor. Bahkan banyak yang bila di dalam rumah itu ada lima orang maka jumlah sepeda motornya pun juga lima. Satu orang punya satu sepeda motor. Kendaraan beroda dua ini fungsinya sangatlah penting dalam kehidupan. Yang paling utama adalah sebagai alat untuk transportasi dalam kehidupan sehari-hari.

Merawat sepeda motor menjadi hal yang mesti dilakukan. Apalagi ketika musim hujan telah tiba. Perlu perawatan yang lebih dari biasanya. Apalagi bagi anda yang sering menggunakan sepeda motor tersebut. Jika sepeda motor dipakai setiap hari dan berjalan dalam jarak yang lumayan jauh maka perawatan sepeda motor menjadi prioritas utama. Curah hujan yang tinggi perlu disikapi dalam masalah perawatan motor kita. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan mengenai perawatan sepeda motor kala musim hujan telah tiba.

  1. Sering mencuci sepeda motor
    Langkah ini penting untuk kita lakukan. Saat motor kita kehujanan di jalan atau tempat parkir maka sebaiknya segera mencucinya dengan air yang bersih. Jarak antara kehujanan dengan mencuci motor hendaklah tidak terlalu lama. Air hujan umumnya mengandung zat asam. Zat ini dapat membuat rangka besi pada sepeda motor mudah berkarat. Cat pada sepeda motor pun bisa rusak karena air hujan. Tentu anda tidak ingin warna cat sepeda motor kesayangan anda pudar bukan? Maka biasakan sesering mungkin mencuci sepeda motor hingga bersih.
  2. Mengecek kondisi rantainya
    Rantai yang terkena air hujan baik langsung maupun tidak langsung akan mengalami kotor. Apalagi banyak kita jumpai sekarang ini rantai sepeda motor sudah tidak memiliki penutup yang rapat. Karena rantai berbahan besi maka biasanya akan muncul karat jika terkena air hujan. Untuk mengatasi hal ini maka kita perlu membersihkan rantai dan jangan lupa memberi oli pada rantai sesering mungkin. Termasuk hal yang tak boleh dilupakan juga yakni hendaknya mengencangkan rantai bila telah kendor.
  3. Memeriksa tekanan ban
    Sepeda motor yang selalu dipakai maka tekanan anginnya biasanya akan berkurang. Di saat musim hujan maka kita perlu rutin memeriksanya. Kondisi ban yang berkurang anginnya ketika menerobos jalan yang basah maka akan membuat kita bisa jatuh. Terlebih lagi bila kita berjalan dengan kencang. Banyaknya genangan air di jalan raya juga menjadikan kita perlu untuk menambah angin di ban.
  4. Mengecek busi
    Bagian busi juga perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Ketika kita sering kehujanan di jalan raya maka busi mesti sering diperiksa. Selanjutnya busi dibersihkan sampai benar-benar bersih. Karet busi dibuka untuk dilap sampai benar-benar kering. Jika ada air atau kondisi businya basah maka akan mengganggu proses pembakaran. Sepeda motor tidak bisa berjalan dengan normal jika proses pembakarannya terganggu.
  5. Memeriksa kondisi knalpot
    Pastikan knalpot tidak kemasukan oleh air. Ini menjadi penting agar sepeda motor dapat berjalan dengan normal. Ketika air masuk ke dalam knalpot dalam jumlah yang banyak maka meski harus segera dibersihkan airnya.
  6. Memeriksa velg
    Ketika kita mencuci sepeda motor maka velg juga perlu mendapatkan perhatian. Pastikan mengelap velg sampai benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar air tidak menempel terlalu lama di dalam velg sehingga akan berpotensi menimbulkan karat.

Kami yakin para pembaca merasa perlu untuk memperhatikan perawatan sepeda motornya. Terutama ketika musim hujan telah tiba. Harapan kami tips di atas menambah kemanfaatan bagi semuanya.