Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Awet

Sepatu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan. Setiap orang sudah akrab dengan sepatu ini. Bahkan ada orang yang sampai melihat sepatunya terlebih dahulu tatkala bertemu dengan seseorang. Kesan pertama ketika berjumpa dengan orang lain memang pada penampilannya. Sepatu menjadi bagian penting pada penampilan seseorang. Bahkan sepatu bisa menjadi sumber penilaian penampilan pada diri seseorang.

Sepatu memiliki banyak jenisnya berdasarkan bahan pembuatannya. Satu jenis sepatu adalah yang terbuat dari bahan kulit. Sehingga sepatu seperti ini dinamakan sebagai sepatu kulit. Dunia perkantoran sangat akrab dengan yang namanya sepatu kulit. Para pimpinan dan karyawan di sebuah kantor biasanya memakai sepatu kulit ketika sedang bekerja. Sepatu yang berbahan dari kulit membuat penampilan seseorang lebih percaya diri dan modis. Sepatu kulit juga memiliki keunggulan dalam hal keawetan. Dibanding dengan sepatu yang berbahan kain atau lainnya, sepatu yang berbahan kulit memiliki tingkat keawetan yang lebih lama. Namun demikian, kita mesti harus melakukan perawatan supaya bisa tetap awet. Kita ingin sepatu kulit yang dimilliki tidak pecah. Cara merawat sepatu kulit yang bisa kita lakukan, antara lain:

  1. Membersihkannya secara rutin
    Kita mesti meluangkan waktu untuk membersihkan sepatu kulit. Setidaknya dalam satu pekan ada waktu satu kali untuk membersihkannya. Tetapi jika memang ada kotoran maka perlu untuk segera dibersihkan. Tak perlu menunggu waktu sampai sepekan dalam kondisi seperti itu. Cara membersihkannya pun sebaiknya dengan berhati-hati. Saat menggosok permukaan kulit sepatu misalnya. Kita perlu untuk menggosoknya dengan perlahan-lahan supaya tidak timbul lecet pada permukaan kulit sepatu. Mengelapnya pun hendaknya dengan kain yang dibasahi dengan air yang hangat. Pengeringannya pun cukup diangin-anginkan saja tanpa harus dipanaskan di sinar matahari secara langsung. Ketika sepatu terkena kotoran yang agak membandel maka perlu kita sikat.
  2. Jauhkan dari terkena air
    Sepatu kulit sebaiknya dihindarkan dari air. Lalu bagaimana kalau kita kehujanan sehingga sepatu kulit menjadi basah? Atau lewat jalan yang ada genangan airnya sehingga sepatu kulit terperciki air? Cukup kita mengelapnya sampai benar-benar kering. Alat untuk mengelapnya pun bisa kita gunakan kertas koran yang digumpalkan. Kertas korang memiliki sifat menyerap air yang bagus.
  3. Tidak disimpan di tempat yang lembab
    Sebaiknya kita menyimpan sepatu kulit pada tempat yang tidak lembab. Tempat yang lembab ini akan membuat sepatu bisa berjamur, terdapat bakteri, perubahan warna dan bahkan lapuk serta pecah. Kondisi tersebut sangat tidak baik. Dapat menyebabkan sepatu bisa rusak.
  4. Tidak disimpan di dalam plastik
    Penting untuk kita ketahui mengenai penyimpanan sepatu kulit. Hindarkan cara menyimpan sepatu kulit di dalam plastik. Ketika sepatu kulit disimpan di dalam plastik maka terdapat resiko yakni warna sepatu bisa pudar. Plastik ternyata bisa menyerap warna pada sepatu kulit. Di samping itu, plastik yang menempel di sepatu kulit bisa menjadikan sepatu tumbuh jamur juga.
  5. Memasang ganjalan sepatu jika sedang tidak dipakai
    Memasang ganjalan sepatu ini dilakukan guna menjaga bentuk sepatu bisa tetap stabil. Sebaiknya bahan ganjalan ini terbuat dari kayu sehingga lebih bisa bertahan lama. Jika sepatu disimpan hanya dengan ditumpuk bersama dengan sandal atau sepatu lainnya maka bisa menjadikan sepatu rusak bentuknya. Jika disimpan hanya dengan diletakkan tanpa ditumpuk pun tetap ada resiko terjadinya perubahan bentuk.
  6. Menambahkan gel silika
    Ketika kita tidak akan memakai sepatu kulit dalam waktu yang agak lama maka perlu kita menyimpannya. Nah, dalam menyimpan ini perlu kita tambahkan gel silika agar bisa menyerap kelembapan udara pada tempat penyimpanan.
  7. Sering menyemir sepatu
    Ini pun mesti kita lakukan. Sangatlah penting untuk kita sering menyemir sepatu. Tentunya warna semir harus disesuaikan dengan warna kulit sepatu. Ketika menyemirnya pun hendaknya dengan cara yang benar. Caranya dengan menyemir dengan satu arah.

Itulah beberapa cara merawat sepatu kulit yang kita miliki. Dengan begitu maka sepatu kulit kita akan lebih awet. Sepatu kulit adalah barang yang sering kita pakai. Merawatnya menjadi hal yang mesti dilakukan.