Cara Mengatasi HP Panas Saat Charger

Hp menjadi barang yang sangat penting untuk saat ini. Setidaknya kedudukannya sudah sedikit di bawah kebutuhan pokok seperti makan, minum, tempat tinggal, dan ibadah, serta pakaian. Jadi, tidak mengherankan bila kita melihat banyak sekali orang yang memiliki hp atau saat ini lebih ngetrend dengan smartphone. Segala seluk beluk tentang hp atau smartphone pun sangat menarik untuk dipelajari. Banyak hal-hal yang terjadi pada smartphone menjadi sorotan pembicaraan harian. Dari yang masalah kecil hingga yang termasuk masalah besar pada smartphone tersebut.

Supaya smartphone bisa berfungsi dengan baik tentu ia mesti memiliki beterai. Komponen berupa baterai inilah yang memasok energi listrik agar smartphone bisa hidup dan digunakan dengan optimal. Ketika baterai sudah habis atau hampir habis maka mesti segera untuk di cas atau charger. Biasanya di setiap smartphone terdapat tanda berupa angka persentase daya listrik baterai yang masih ada. Jika sudah di bawah 10 % maka harus segera di cas. Nah, ada sebuah fenomena menarik tentang saat charger ini. Ketika Hp di charger maka muncul panas. Ini menjadi pertanyaan bagi para pengguna gadget. Sebagai pengguna hp atau smartphone kita perlu waspada sedikit. Mungkinkah ada yang tidak beres telah terjadi pada gadget kita? Di sini kita akan membahasnya untuk anda. Kita perlu mengetahui cara mengatasi hp panas saat charger. Silakan disimak ulasannya berikut.

  1. Mematikan data seluler saat di charger
    Ketika kita menyalakan data seluler di hp maka sistem operasi akan terus berjalan. Kondisi masih tersambung dengan internet menyebabkan kerja hp akan terus berjalan. Maka, untuk langkah penanganannya sebaiknya kita matikan dulu data seluler ketika mencharger hp. Ini sebuah cara sederhana namun sangat efektif.
  2. Berhenti menggunakan hp untuk bermain tatkala sedang charger
    Memainkan game di smartphone memang mengasyikkan dan menyenangkan. Bahkan tidak sedikit sampai orang rela berjam-jam menjalankan game di hp ini. Sampai habis waktunya seharian hanya untuk ngegame. Tetapi seharusnya kita bisa bersikap bijak dalam bermain game di hp ini. Tatkala kita sedang mencharger maka sebaiknya kita berhenti untuk memainkan game. Ini kita lakukan agar hp tidak panas di kala sedang di cas. Tunda kesenangan kita memainkan game setelah hp selesai di charger atau sudah penuh daya listriknya.
  3. Sedang sulit sinyalnya
    Ada kalanya ketika posisi seseorang sedang berada pada sebuah daerah yang jauh atau di luar kota membuat sulit memperoleh sinyal. Kala kita mencharger smartphone atau hp dengan kondisi seperti itu maka sangat wajar bila hp menjadi cepat panas. Perangkat hp akan bekerja keras untuk mendapat sinyal. Solusinya tentu kita berpindah ke lokasi yang mudah sinyalnya sehingga ketika mengecas maka kita tidak akan cepat panas.
  4. Pastikan posisi jak pada charger benar-benar tepat
    Aktivitas kehidupan manusia memang bermacam-macam. Ada kalanya suatu saat ia mendapati benar-benar sibuk. Hingga ia dalam memasang jak charger pada smartphonenya tidak pas atau tepat. Kondisi semacam ini akan berakibat kurang baik. Alhasil, smartphone atau hp akan menjadi panas ketika dalam posisi di charger.
  5. Kondisi baterai perlu dicek
    Jika kondisi baterai hp kita dalam kondisi yang rusak maka pantas saja ketika di charger akan menjadikan panas hpnya. Untuk solusi jitunya cukup kita ganti dengan membeli baterai hp yang baru.
  6. Memastikan suhu lingkungan tidak panas
    Kondisi suhu panas pada hp yang sedang di charger juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Misalnya saja, ketika kita meletakkan hp yang sedang di charger itu di dekat televisi yang mengeluarkan suhu panas maka akan berpengaruh pula pada panasnya hp kita. Maka kita perlu memperhatikan betul hp kita terutama pada letaknya ketika sedang di charger.
  7. Memastikan charger yang digunakan original
    Ketika kita asal saja dalam memilih charger maka ada dampaknya. Satu diantaranya ialah hp akan cepat panas ketika sedang dicharger. Maka kita perlu menggunakan charger yang original untuk mengatasi hal itu.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan. Kita bisa membuat hp kita menjadi tidak panas ketika sedang dicharger. Semoga tips ini memberi manfaat untuk Anda semua.