Cara Memilih Jas Hujan Yang Baik

Musim hujan telah tiba. Pada musim tersebut di setiap harinya hampir selalu turun hujan. Di saat itulah kita perlu memiliki jas hujan yang baik. Setiap kita keluar dari rumah menggunakan sepeda motor maka perlu sekali untuk membawa jas hujan. Sebelum bepergian harus sudah menyiapkan jas hujan terlebih dahulu. Setelah siap lalu kita menaruhnya di motor. Sewaktu-waktu kita ada di perjalanan dan hujan turun secara tiba-tiba maka tinggal kita ambil jas hujannya serta selanjutnya dipakai. Ketika kita memakai jas hujan maka diri kita tidak akan basah karena sudah terlindungi dengan baik.

Lain ceritanya kalau kita tidak memiliki jas hujan ketika berkendaraan di jalan. Saat hujan deras turun maka badan kita akan basah kuyup. Tidak hanya pakaian yang kita kenakan yang menjadi basah. Smartphone dan dompet pun bisa menjadi basah. Ketika sudah basah ini maka bisa terjadi kerusakan pada smartphone. Termasuk uang dan dokumen di dompet kita pun yang basah bisa menjadi rusak. Bagitu pentingnya kita menggunakan jas hujan. Bila kita tidak memilikinya atau sudah punya tapi rusak maka sangat penting untuk segera mengagendakan membeli yang baru. Sehingga dengan itu kita tidak akan basah lagi bila terkena air hujan.

Sesuatu yang penting tentu perlu mendapat perhatian. Tatkala kita hendak membeli jas hujan maka perlu untuk kita memilihnya terlebih dahulu. Kita pilih jas hujan yang baik. Berikut ini ada beberapa cara memilih jas hujan yang baik.

  1. Memilih jas hujan dengan berdasar ukurannya.
    Sebelum kita membahas hal-hal lainnya dalam masalah memilih jas hujan ini maka kita perlu melihat piliha berdasarkan ukuran. Ukuran ini sangat penting. Bila kita ingin membelikan jas hujan untuk si buah hati maka pilihlah jas hujan dengan ukuran anak-anak yang kecil. Bila membelikan jas hujan untuk anak remaja maka kita perlu memilih yang ukuran remaja. Demikian pula bila ukuran tubuh kita besar maka hendaknya memilih jas hujan dengan ukuran jumbo. Salah pilih jas hujan dalam hal ukuran ini akan sangat fatal. Sebab nantinya tidak akan bisa menggunakan jas hujan dengan nyaman. Bahkan bisa jadi tidak bisa dipakai jas hujannya. Misalnya jas hujan ukuran remaja dipakai untuk kita yang postur tubuhnya besar.
  2. Mengecek bahan dari jas hujan yang akan dibeli.
    Kala hendak membeli jas hujan maka jangan dilupakan tentang bahannya. Bahan ini akan sangat mempengaruhi kualitas dari sebuah jas hujan. Ada jas hujan yang berbahan nilon. Bahan nilon akan membuat jas hujan sangat ringan. Bergerak pun menjadi sangatlah mudah ketika menggunakan jas hujan dengan bahan nilon ini. Terdapat pula jas hujan dengan bahan vinil. Dimana dengan bahan vinil ini sebuah jas hujan sangat tahan sekali dari air. Ada juga jas hujan yang terbuah dari PVC. Untuk jas hujan yang terbuat dari bahan PVC akan menjadikannya kuat sekali. Tidak mudah sobek atau rusak jas hujannya.
  3. Menentukan model jas hujannya.
    Setidaknya ada tiga model jas hujan yang ada di pasaran. Pertama model ponco, yang kedua model sambungan sebagaimana wearpack, dan yang ketiga setelan baju serta celana. Untuk yang model ponco ini pun terbagi beberapa model. Ada yang ponco tanpa lengan, ponco dengan lengan pendek, dan ponco dengan lengan panjang. Ada pula jas hujan ponco dengan dua kepala. Artinya ketika naik sepeda motor dengan berboncengan maka cukup menggunakan satu jas hujan saja. Dari berbagai model ini kita bisa memilih mana yang paling disukai.
  4. Melihat warnanya dahulu.
    Masalah warna ini sangat mudah untuk mengeceknya. Cukup kita lihat langsung melihatnya dengan dua mata kita. Perlu sekali kita memilih jas hujan yang warnanya terang. Bisa dilihat orang dalam jarak yang jauh. Ini sangat penting ketika kita naik sepeda motor dalam kondisi hujan lebat. Dimana pada saat itu jarak pandang menjadi berkurang. Dengan warna jas hujan yang terang tersebut dapat menjadikan pengendara lain bisa melihat kita. Sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan. Tetapi untuk beberapa jenis jas hujan sudah ada tempelan corak kotak yang berwarna. Jika terkena sinar maka akan mengeluarkan cahaya atau tanpa ada sinar pun gambar kotak tersebut bisa terlihat jelas dari jarak yang lumayan jauh. Dengan memilih warna apa pun yang kita sukai tidak masalah jika pada jas hujan tersebut ada gambar kotak yang fungsinya bisa menjadi terang ketika terkena cahaya.

Demikian cara memilih jas hujan yang baik. Semoga menjadi tambahan referensi yang berharga untuk pembaca.