Cara Membuat Pakaian Tidak Apek Saat Musim Hujan

Musim hujan sekarang sudah tiba. Sepanjang hari hujan turun sudah menjadi hal yang biasa. Tidak aneh bila saat pagi hari sudah mulai hujan. Lamanya hujan pun bahkan bisa sampai siang atau pun malam hari. Kondisi seperti ini menjadi pemandangan kita sehari-hari. Suhu udara pun cukup dingin selama siang hari penuh. Sebagai seorang ibu yang mencuci pakaian seluruh anggota keluarga pun perlu untuk mempersiapkan hal tersebut.

Dalam sehari saja jumlah baju atau pakaian yang kotor bisa banyak sekali. Apalagi kalau jumlah anggota keluarga kita banyak. Maka kita pun mesti mencuci dengan rajin. Permasalahan yang muncul dalam mencuci pakaian di musim penghujan yakni tiadanya panas matahari yang cukup. Keadaan ini tentu membuat pakaian yang dijemur tidak cepat kering. Masalah klasik yang terjadi yakni munculnya bau apek pada pakaian kita. Meskipun pakaian tersebut sudah kering. Bahkan terkadang malah muncul bau yang aromanya sungguh sangat tidak sedap. Kita sendiri tidak akan betah untuk mencium bau tersebut. Ada orang yang beranggapan cara menghilangkannya dengan disetrika dan diberi parfum yang cukup banyak. Pada kenyataanya, meskipun disetrika dan diberi parfum pun tetap saja tak hilang seluruhnya bau apek dan aroma tak sedap tersebut.

Permasalahan seperti ini mesti harus diatasi dengan baik. Kita perlu mengetahui caranya supaya pakaian yang kita jemur pada musim penghujan itu tidak sampai mengeluarkan bau apek dan tidak sedap. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar pakaian yang kita jemur tersebut tidak mengeluarkan bau apek dan tak sedap. Diantara cara tersebut yakni.

  1. Memilah pakaian yang akan dicuci.
    Sebelum kita mencuci pakaian, sebaiknya kita pilah aneka pakaian tersebut. Kategori apa dalam memilah pakaian yang akan dicuci ini? Ada banyak sebetulnya mengenai dasar kriteria tentang pemisahan pakaian yang akan kita cuci. Pertama mengenai ketebalan dari pakaian. Pisahkan pakaian yang tebal, kurang tebal, hingga yang tipis. Maka sebelum kita memasukkan pakaian ke mesin cuci perlu untuk kita pilah-pilah pakaiannya. Selanjutnya, perlu juga untuk kita memilah dari pakaian yang sudah kita pilah ketebalannya itu dengan kriteria mengenai banyak sedikitnya kotoran yang menempel pada pakaian tersebut. Pakaian yang sangat kotor dipisahkan dengan pakaian yang sedikit kotorannya yang menempel. Pemilahan pakaian seperti ini akan bisa memaksimalkan kita dalam mencuci pakaian.
  2. Mencuci dan menjemur pakaian pada waktu yang tepat.
    Memang turunnya hujan tidak bisa diprediksi secara tepat 100 %. Tetapi kita bisa melihat prakiraan cuaca sehari sebelumnya. Jika memang pada hari tersebut diprediksi akan terjadi hujan selama seharian maka sebaiknya kita menunda untuk mencuci. Sebaliknya, jika pada hari tersebut diprediksi tidak terjadi hujan atau waktu hujannya cuma sebentar dan akan ada panas matahari lagi maka kita bisa gunakan untuk mencuci dan menjemur pakaian. Pemilihan waktu untuk mencuci ini terutama dalam rangka mendapatkan panas sinar matahari yang cukup.
  3. Menggunakan pewangi pakaian.
    Mencuci pakaian dengan menggunakan pewangi akan cukup efektif membantu kita. Utamanya menghindari pakaian tidak menjadi apek dan hilangnya aroma yang tidak sedap.
  4. Menjemur pakaian di tempat terbuka.
    Meskipun di musim penghujan, kita tetap perlu untuk menjemur pakaian di tempat yang terbuka. Dalam arti tempat tersebut terbuka untuk terkena panas sinar matahari secara maksimal. Dari pagi hingga sore bisa terkena sinar matahari secara penuh. Termasuk pula tempat terbuka tersebut bisa terkena angin dengan baik. Sebab selain panasnya sinar matahari bisa mempercepat pakaian menjadi kering, terpaan angin juga berpengaruh dalam mempercepat keringnya pakaian yang dijemur.
  5. Menjemur pakaian dengan memakai hanger atau gantungan baju.
    Cara menjemur pakaian dengan menggunakan gantungan baju akan membantu pakaian tersebut cepat kering. Mengapa begitu? Sebab permukaan pakaian akan lebih banyak terkena sinar matahari dan terpaan angin secara maksimal. Hal ini berbeda di kala kita menjemur pakaian tanpa menggunakan hanger.

Inilah cara sederhana agar pakaian tidak berbau apek meskipun sudah kering. Mengatasi permasalahan seperti ini di musim penghujan amatlah penting untuk kita lakukan. Semoga menambah sedikit pengetahuan yang bermanfaat.